Pedoman Penulis

Download Journal Jeli Template: Klik Disini

1. JELI: Journal of Educational and Learning Innovations menerima artikel penelitian atau tinjauan pustaka di bidang teknik mesin dan inovasinya yang belum pernah dipublikasikan. Naskah diketik dengan Ms. Word, Cambria, ukuran font 10, menggunakan kertas A4 (210 mm x 297 mm) dengan batas atas 2 cm; di bawah 2 cm; kiri-kanan 3 cm

2. Naskah dikirim secara online melalui OJS JELI: Journal of Educational and Learning Innovations

3. Semua penulis artikel harus dimasukkan/diketik di OJS pada saat mengisi “penulis” pada proses pengiriman artikel.

4. Ditulis secara standar. 1,15 spasi antar baris. Setiap paragraf dimulai sekitar 3 ketukan ke kanan.

5. Sistematika artikel penelitian: Judul (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris), Identitas Penulis (Nama, Afiliasi, dan Email), Abstrak disertai Kata Kunci, Pendahuluan, Metodologi, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Ucapan Terima Kasih dan Referensi.

6. Judul artikel tidak lebih dari 15 kata, diketik di tengah (tengah), menggunakan Cambria dengan ukuran font 12 pt REGULAR (Indonesia) dan (English) ITALIC.

7. Identitas Penulis : nama lengkap tanpa gelar akademik (jika penulis lebih dari satu, semua nama penulis dicantumkan beserta institusi asal masing-masing penulis) menggunakan Cambria dengan ukuran font 11 pt Reguler. Afiliasi penulis harus dalam font Reguler 10 pt. Alamat email harus dalam 8 pt.

8. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan menggunakan spasi 1,15 disertai 3-5 kata atau frase kata kunci (ditulis secara alfabetis), menggunakan Cambria dengan ukuran font 9 pt. Panjang abstrak bahasa Indonesia antara 150-250 kata (Bahasa Inggris Abstrak menyesuaikan). Abstrak ditulis dalam satu paragraf, minimal memuat tujuan, metode, hasil penelitian, dan kesimpulan. Abstrak dan kata kunci yang diinput di OJS adalah abstrak dan kata kunci dalam bahasa Inggris.

9. Pendahuluan memuat latar belakang dan tujuan atau ruang lingkup penulisan. Seluruh bagian dalam pendahuluan ini disajikan secara terpadu dalam bentuk paragraf tanpa ada tulisan sub judul.

10. Metodologi berisi tentang merumuskan masalah yang diteliti secara lebih rinci (sedapat mungkin ditulis secara matematis) dan menjelaskan metode yang diusulkan

11. Hasil dan Pembahasan, berisi tentang penyampaian pengujian yang dilakukan dan analisis hasilnya.

12. Kesimpulan mempunyai temuan penelitian dalam menjawab pertanyaan penelitian. Kesimpulan diuraikan dalam paragraf, tidak menggunakan penomoran atau bullet.

13. Ucapan terima kasih bersifat opsional dan berisi ucapan terima kasih penulis atas selesainya penelitian.

14. Referensi hanya mencakup sumber yang dikutip. Penulisan referensi mengikuti kaidah Harvard Style.

15. Kutipan, tabel, dan gambar mengikuti aturan Harvard Style.

16. Gunakan Manajer Referensi dalam mengelola referensi dan kutipan seperti Mendeley, Zotero, EndNote, dll.

17. Artikel ditulis mengikuti template penulisan artikel di JELI: Journal of Educational and Learning Innovations.

18. Hindari duplikasi, fabrikasi, pemalsuan, dan plagiarisme.

19. Penulis melampirkan Pernyataan Keaslian Naskah pada saat penyerahan artikel.

20. Segala sesuatu yang berkaitan dengan izin pengutipan atau hal lain yang berkaitan dengan HKI yang dilakukan oleh pencipta, termasuk akibat hukum yang mungkin timbul karenanya, merupakan tanggung jawab pencipta sepenuhnya.

Daftar Periksa Persiapan Pengajuan

Penulis wajib memperhatikan hal-hal berikut sebelum mengirimkan artikel ke JELI: Journal of Educational and Learning Innovations:

1. Naskah merupakan hasil karya penulis sendiri, bebas dari duplikasi, fabrikasi, falsifikasi, dan plagiarisme.

2. Naskah telah mengikuti pedoman dan template penulisan artikel di JELI: Journal of Educational and Learning Innovations

3. Referensi dibuat hanya pada sumber yang dirujuk dalam teks (Minimal 10 referensi)

4. Penulisan sitasi dan referensi dikelola menggunakan Referensi Manager (Mendeley, Zotero, EndNote atau lainnya)

5. Penulis tidak akan mengirimkan artikel ini ke jurnal lain kecuali dinyatakan 'ditolak' di JELI: Journal of Educational and Learning Innovations

6. Penulis bersedia melakukan korespondensi dengan baik, responsif, dan beretika.

7. Kemiripan minimal <20% menggunakan iThenticate atau Turnitin

8. Penulis tidak diperbolehkan untuk menarik naskah yang diserahkan, karena penarikan tersebut merupakan pemborosan sumber daya berharga sehingga editor dan reviewers menghabiskan banyak waktu untuk memproses naskah yang diserahkan, uang dan karya yang diinvestasikan oleh penerbit.